by

Permisalan Dunia Seperti Air – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA

Halo guys selamat datang di web islamipos.com. Kali ini islamipos.com akan membahas informasi unik tentang Permisalan Dunia Seperti Air – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA. Kamu jangan lupa yah untuk bagikan artikel di sosial media kalian.


Cuplikan dari kajian dengan tema “Jangan Terpedaya Dunia” yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA.

Sumber video: Syafiq Riza Basalamah Official

========================================================

Mengapa Allah mempermisalkan dunia seperti air?

Sebagaimana dalam Firman-Nya :

واضرب لهم مثل الحيات الدنيا كماء أنزلناه من السماء

Baca juga  (Baru) Jamaah Bertanya Ustad Menjawab (Masjid Muthmainnah Polda Riau) - Ust. Abdul Somad Lc, MA - Kajian Islam Ustadz Abdul Somad

Artinya: “dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan di dunia seperti air yang kami turunkan dari langit” (al-Kahfi : 45)

Para ahli hikmah berkata,

Karena AIR tidak bisa menetap pada satu tempat, begitu pula DUNIA tidak bisa terus menerus di atas satu keadaan yang sama (terkadang senang terkadang sepi, …dst).

Karena AIR akan pergi menghilang dan tidak akan kekal pada satu tempat. Begitu pula DUNIA fana (sirna) dan tidak akan kekal abadi.

Baca juga  Jangan Terlalu Ambisi Mencari Dunia - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA

Karena AIR tidak ada seorang pun yang bisa memasukinya (air) dalam keadaan tidak basah. Begitu pula DUNIA tidak ada seseorang pun yang selamat dari fitnah dunia dan penyakitnya.

Karena AIR tatkala sesuai kadar (keperluan)nya maka akan menjadi bermanfaat dan akan menumbuhkan tanaman, akan tetapi jika air tesebut melampaui kadar (keperluan)nya maka akan menjadi malapetaka yang bisa mematikan. Begitu pula DUNIA apabila mengambil sesuai kadarnya maka akan bermanfaat baginya (tidak di sibukan dengan dunia), namun apabila berlebihan (dari kadar keperluannya) maka akan mencelakakan.”

Baca juga  Tanya Jawab Bersama Ustadz Abdul Somad Lc, MA - Masjid Al-Fajar (Labuh Baru) - Kajian Islam Ustadz Abdul Somad

Tafsir al-Qurthubi 10/412

Sumber artikel:

========================================

Channel Taman Surga ini sudah tidak dimonetized, bagi yang ingin mendukung admin untuk terus menyebarkan video kajian sunnah bisa donasi melalui :

Rekening Mandiri : 13400-0730-4040 a.n Andi Gozhali W (Kode bank : 008)
Konfirmasi melalui WhatsApp : 082122266996

Jazakumullahu khairan

========================================
Gimana guys? kami berharap mbak bro bisa terhibur dan pengetahuannya menjadi bertambah. Jangan lupa yah untuk share tulisan di sosial media kalian.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed